Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip-Prinsip Dasar Metodologi Six Sigma



Apa itu Six Sigma?

Six Sigma adalah definisi dan disiplin metodologi bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan profitabilitas dengan merampingkan operasi, meningkatkan kualitas dan menghilangkan cacat di setiap organisasi di seluruh proses.

manfaat six sigma

• Strategi Bisnis:
Menggunakan Metodologi Six Sigma , bisnis dapat menyusun strategi rencana dari tindakannya dan mendorong peningkatan pendapatan, biaya
pengurangan dan perbaikan proses di semua bagian dari organisasi.
• Visi:
Metodologi Six Sigma membantu Senior Manajemen membuat visi untuk menyediakan bebas cacat, lingkungan positif ke organisasi.
• Tolok Ukur:
Metodologi Six Sigma membantu meningkatkan metrik proses. Setelah diperbaiki metrik proses mencapai stabilitas; kita bisa gunakan Metodologi Six Sigma lagi untuk meningkatkan metrik proses yang baru distabilkan.
Sebagai contoh:
Waktu Siklus Pengiriman Pizza ditingkatkan dari 60 menit hingga 45 menit di Proses pengiriman Pizza dengan menggunakan metodologi Six Sigma. Setelah proses Pengiriman Pizza stabil dalam 45 menit, kita bisa melakukan Enam lagi
Proyek Sigma untuk meningkatkan waktu siklusnya dari 45 menit sampai 30 menit. Jadi, itulah tolak ukurnya.
• Sasaran:
Menggunakan metodologi Six Sigma, organisasi dapat menjaga tujuan yang ketat diri mereka sendiri dan bekerja untuk mencapainya selama tahun berjalan. Penggunaan yang tepat dari metodologi ini dapat mengarahkan organisasi ini untuk mencapai tujuan tersebut.
• Ukuran Statistik:
Six Sigma adalah metodologi yang digerakkan oleh data. Analisis Statistik digunakan untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah. Selain itu, metodologi Six Sigma menghitung kinerja proses menggunakan unitnya sendiri dikenal sebagai unit Sigma.
• Metodologi yang Kuat:
Six Sigma adalah satu-satunya metodologi yang tersedia di pasaran saat ini
yang merupakan metodologi terdokumentasi untuk penyelesaian masalah. Jika digunakan dengan cara yang benar, Peningkatan Six Sigma adalah anti peluru dan mereka memberikan keuntungan yang tinggi.

Apa Itu Kualitas?

Pada penjelasan di atas, tujuan dari Six Sigma adalah untuk meningkatkan kualitas dari suatu proses. Nah, sekarang Apakah Kualitas itu? Beberapa Individu dan organisasi yang berbeda telah memberikan definisi yang berbeda untuk Kualitas. Mari kita pelajari beberapa definisi tersebut:

• Deming: “Kualitas ditentukan dari sudut pandang pelanggan sebagai apapun itu meningkatkan kepuasan mereka “.
• Juran: “Kepuasan untuk digunakan. Fitur-fitur produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dan dengan demikian memberikan kepuasan produk. Atau dengan kata lain adalah Kebebasan dari kekurangan “.
• ASQC: “Keseluruhan fitur dan karakteristik dari produk atau layanan yang menanggungnya kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat “.
• COPC: “Kualitas didefinisikan sebagai pengetahuan tentang agen yang memungkinkan mereka menyediakan solusi akurat dan konsisten untuk pelanggan pada upaya pertama ”.
ISO: “Derajat di mana suatu himpunan beberapa karakteristik yg melekat pada suatu produk atau layanan yang memenuhi berbagai Persyaratan”.

Secara sederhana, kualitas datang dari bertemuan harapan-harapan dari pelanggan tentang sebuah produk atau layanan. Ini terjadi sebagai hasil dari empat aktivitas:
• Memahami kebutuhan pelanggan.
• Merancang produk dan layanan yang memuaskan persyaratan tersebut.
• Mengembangkan proses yang mampu memproduksi produk dan layanan tersebut.
• Mengontrol dan mengelola proses tersebut mereka secara konsisten memenuhi kemampuan mereka.

Apa itu Hidden Factory?

Hidden Factory adalah kumpulan aktivitas dalam proses yang mengakibatkan pengurangan kualitas atau efisiensi proses bisnis atau departemen manufaktur, dan tidak diketahui manajer atau orang lain yang berusaha meningkatkan proses. Six Siggma berfokus pada identifikasi “Hidden Factory”, aktivitas untuk menghilangkan akar masalah.

Salah satu contoh Hidden Factory adalah membuat beberapa versi pembaruan status presentasi oleh tim Manajemen Proyek karena semua informasi yang diminta tidak diterima sebelum tanggal jatuh tempo dari semua departemen.
Six Sigma bekerja secara efektif untuk mengidentifikasi yang tersembunyi
situasi pabrik, mempertanyakan status quo, menghapusnya dan dengan demikian meningkatkan keuntungan bisnis dan mengurangi pemborosan (waste).

Post a Comment for "Prinsip-Prinsip Dasar Metodologi Six Sigma"