Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Keamanan Jaringan Dalam Teknologi Informasi




Pentingnya keamanan jaringan dan teknologi informasi

Di era teknologi saat ini, internet memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Baik itu pekerjaan, studi, komunikasi, atau hiburan. Dengan munculnya Internet, keamanan telah menjadi masalah besar. Sifat Internet menimbulkan banyak ancaman keamanan. Namun, kemungkinan serangan cyber ini dapat dikurangi dengan melakukan berbagai perubahan dalam struktur Internet. Dengan pengetahuan tentang metode serangan, kita dapat menggunakan teknologi keamanan yang tepat untuk mengatasi dan bahkan mencegah ancaman ini.

Apa itu keamanan jaringan?

Keamanan siber dapat didefinisikan sebagai perlindungan jaringan dan semua layanannya terhadap modifikasi, perusakan, ataupun efek berbahaya bagi pengguna.

5 hal penting untuk menjaga keamanan jaringan
  • Akses 
  • Privasi 
  • Otentikasi 
  • Integritas 
  • Non Repudiasi 
3 contoh metode serangan keamanan 

  • Virus

    Sebuah program yang mereproduksi dirinya sendiri dalam bentuk file yang dapat terinfeksi dan menyebar. Setelah file dibuka, virus akan menjadi aktif dan berkembang biak di sistem.

  • Spoofing

    Teknik serangan yang digunakan oleh scammer yang memiliki alamat komputer yang mencerminkan alamat komputer terpercaya untuk mendapatkan akses ke komputer. Akibatnya, identitas penyusup dapat disembunyikan, sehingga sulit untuk dideteksi dan dicegah.

  • Denial of Service

    Serangan di mana sistem menerima terlalu banyak permintaan dan tidak dapat menyambung kembali ke permintaan tersebut. Sistem kemudian akan menggunakan sumber daya yang tertunda untuk jabat tangan tiga arah yang sukses. Akhirnya, sistem tidak dapat lagi menanggapi permintaan, sehingga layanan server berhenti.

3 contoh teknologi untuk mengamankan jaringan

  • Kriptografi

    Alat yang berguna dan banyak digunakan dalam teknologi keamanan saat ini. Teknologi ini melibatkan penggunaan kode dan sandi untuk mengubah informasi menjadi data terenkripsi dan tidak dapat dipahami.

  • Firewall

    Tujuan dari firewall adalah untuk memblokir lalu lintas eksternal dan internal. Firewall adalah mekanisme pertahanan serangan utama. Firewall juga merupakan sistem yang dirancang untuk mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Firewall dapat diimplementasikan dalam perangkat keras dan perangkat lunak, atau kombinasi keduanya.

  • Intrusion Detection System (IDS)

    Perlindungan tambahan membantu mencegah penyusupan ke komputer Anda. IDS ini bisa berupa software atau hardware yang digunakan untuk mendeteksi serangan. Produk IDS digunakan untuk memantau koneksi dan menentukan apakah serangan telah diluncurkan. Beberapa sistem IDS hanya memantau dan memperingatkan ketika serangan terjadi, sementara yang lain mencoba untuk mencegah serangan.

Pentingnya menjaga keamanan jaringan

Mengapa keamanan jaringan penting?

Bayangkan ini tanpa keamanan jaringan, maka Anda dapat melihat konten obrolan Anda, memulihkan konten perangkat, mengatur ulang kata sandi, akun, dan bahkan data pribadi yang sensitif . Haruskah kita menghindari paparan internet sama sekali untuk mencegah hal-hal seperti itu? Tentu saja tidak. Itulah mengapa keamanan siber sangat penting. Tidak hanya untuk menjaga keamanan sekecil rumah Anda, tetapi juga untuk menjaga keamanan bisnis, nasional, atau informasi apa pun yang tersimpan secara digital.

Ketika Anda terhubung ke Internet, Anda memiliki banyak lalu lintas. Lalu lintas yang padat ini dapat menyebabkan masalah stabilitas dan kerentanan dalam sistem. Di sinilah keamanan siber berperan untuk meningkatkan keandalan jaringan Anda sambil menghindari penundaan dan ketahanan. Ini dilakukan dengan terus memantau semua proses mencurigakan yang dapat merusak sistem.

Post a Comment for "Pentingnya Keamanan Jaringan Dalam Teknologi Informasi "